Soal OSP Kimia 2018 dan Pembahasan

Soal OSP Kimia 2018 dan Pembahasan
Pada kesempatan artikel ini Admin akan membagikan link download dalam bentuk Pdf untuk soal KIMIA secara lengkap dengan pembahasan setiap soalnya. Sesuai dengan Panduan pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional yang merupakan acuan dari Olimpiade Sains Kabupaten/Kota (OSK), Olimpiade Sains Provinsi (OSP), Olimpiade Sains Nasional (OSN), sekolah, guru, siswa dan bagi semua pemangku kepentingan dalam kegiatan tersebut. Dan Mata Pelajaran Kimia merupakan salah satu bidang yang di lombakan selain dari Matematika, Fisika, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Maka dari itu Admin membagikan artikel ini sebagai persiapan untuk mengikuti kegiatan OSP di Tahun 2018.

OSN diselenggarakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan sains sekaligus upaya untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh dan cinta tanah air. Melalui OSN diharapkan potensi dan bakat kecerdasan kognitif siswa di bidang sains dapat dimotivasi dan difasilitasi sehingga berkembang dengan baik dan kita peroleh calon-calon terbaik untuk kita ikut sertakan dalam olimpiade sains internasional.

Contoh Soal dan Pembahasan OSP Kimia Tahun 2018

Berikut sekilas gambaran dari Soal OSN-OSP Kimia:
Soal Nomor 4
Pada tekanan 50 kPa dan 127 oC, sebanyak 100 cm3 gas pada mempunyai massa 0,120 g. Berapa massa molekular relatif gas ini?
A. 1,2
B. 25
C. 80
D. 120
E. 160

Pembahasan Soal Nomor 4
1 atm = 101325 Pa ⟶ 50.000 Pa = 0,49346 atm
PV = nRT
0,49346 atm × 0,1 L = n × 0,082 L.atm.mol-1.K-1 × 400 K
0,049346 atm.L = n × 32,82 L.atm.mol-1
n = 0,001504 mol
Massa molar = 0,12 g / 0,001504 mol = 79,81 g/mol
Jawaban yang paling mendekati adalah 80 g/mol
Jawaban: C
Baca juga : Pedoman Pelaksanaan/ JUKNIS OSN SMA 2018
Soal Nomor 6
Suatu zat padat padat mempunyai titik leleh yang tajam dan jelas di atas 100°C. Zat padat tersebut tidak dapat menghantar listrik bahkan dalam keadaan lelehan, dan larut dalam pelarut hidrokarbon. Apakah struktur yang paling mirip mengenai zat padat tersebut?
A. Kristal atomik
B. Kristal ionik
C. Kristal molekular raksasa
D. Kristal molekular
E. Logam.

Pembahasan Soal Nomor 6
Pada soal ini sebenarnya sedikit agak meragukan untuk menjawab D sebab tidak berlaku mutlak untuk semua sifat yang disebutkan. Oleh karena itu di sini hanya ditinjau yang memang mungkin dan tidak mungkin saja.
  • Kristal atomik → titik leleh relatif rendah
  • Kristal ionik → sukar larut dalam pelarut hidrokarbon, titik leleh sangat tinggi
  • Kristal molekular raksasa → sulit larut dalam pelarut organik.
  • Kristal molekular → titik leleh moderat (tidak terlalu rendah/tinggi), tidak dapat menghantar arus listrik, sebagian larut dalam 
  • Logam → menghantarkan arus listrik
Itulah sekilas gambaran yang dapat Admin sampaikan, selengkapnya mengenai soal Kimia tersebut dapat Bapak dan Ibu unduh pada link di bawah ini dalam bentuk docx (ms.word).

Demikian yang dapat Admin sampaikan, semoga soal Olimpiade Sains Nasional untuk Mata Pelajaran Kimia ini dapat memberikan manfaat bagi Anda dan Peserta didik.

0 Response to "Soal OSP Kimia 2018 dan Pembahasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel