Materi Pelatihan OSN Matematika SD

Admin pada artikel ini akan membagikan Materi Pelatihan untuk Olimpiade Sains Nasional OSN Bidang atau Mata Pelajaran Matematika jenjang SD (Sekolah Dasar) bagi Bapak dan Ibu sebagai bahan persiapan untuk penyelenggaran/ pelaksanaan kegiatan tersebut. Olimpiade matematika tingkat SD menjadi topik yang hangat dibicarakan oleh kalangan siswa maupun pendidik mulai tahun 2002. Hal ini bermula sejak Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional yang sekarang menjadi Kementrian Pendidikan Nasional menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional dengan matematika sebagai salah satu bidangnya.

Berbeda dengan ajang perlombaan matematika lainnya, olimpiade matematika mempunyai ciri tersendiri dalam hal tipe soal serta tehnis penilaian. Soal-soal yang sering dimunculkan lebih cenderung bersifat tricky. Untuk dapat menyelesaikan soal-soal olimpiade matematika, lebih diperlukan ide matematika yang kreatif daripada kemampuan dan kecepatan komputasi. Wiworo menyatakan bahwa ciri utama dari soal olimpiade matematika adalah bersifat non-rutin dan menekankan pada pemecahan masalah (problem solving). Oleh karena itu, soal-soal olimpiade matematika jarang ditemui didalam kelas.

Strategi Membina Calon Peserta Olimpiade
- Berikan sebanyak mungkin saoal-soal tingkat Olimpiade.
- Mulai dengan soal-soal yang relatif lebih mudah, secara bertahap naikkan tingkat kesulitan soal.
- Jika siswa belum memecahkan suatu soal, berikan petunjuk setahap demi setahap. Jangan langsung beri jawaban.
- Tingkatkan kemampuan siswa untuk memahami bahasa Inggris, terutama kemampuan membaca dan memahami soal dalam bahasa Inggris.
- Para pelatih Olimpiade juga harus banyak berlatih soal-soal sehingga siap menghadapi berbagai pertanyaan kreatif dari siswa.
- Guru juga manusia! Jangan sungkan untuk mengakui kalau tidak mampu mengerjakan.

Di dalam materi Pelatihan ini telah di sediakan juga contoh soal, jawaban serta pembahasannya, selengkapnya mengenai hal tersebut dapat Anda simak dan download di bawah ini:

Materi Pelatihan dan Soal OSN Matematika SD

MATERI BILANGAN
Konsep Habis Dibagi
Bilangan yang dapat habis dibagi biasa disebut dengan bilangan kelipatan. Jadi,
bilangan kelipatan n adalah bilangan-bilangan yang dapat dibagi dengan n.
Misalnya,
Bilangan kelipatan 3 adalah 3, 6, 9, 12, ...
Bilangan kelipatan 4 adalah 4, 8, 12, 16, 20, ....
Bilangan yang habis membagi disebut dengan faktor. Jadi, faktor dari n adalah bilanganbilangan
yang dapat habis membagi n. Misalnya,
Faktor dari 24 adalah 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, dan 24.
Faktor dari 30 adalah 1, 2, 3, 5, 6, 10, 15, dan 30.
Banyak soal-soal yang dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep hasil bagi
ataupun bilangan kelipatan. Ingat bahwa sisa hasil bagi harus lebih kecil dari bilangan
pembaginya dan bernilai positif.
Baca juga:
LATIHAN SOAL
1. Carilah bilangan terkecil yang dapat dibagi oleh semua bilangan dari 1 sampai dengan 12.
2. Pada persamaan a x b = c, jika a ditambah dengan 24 dan b tetap tidak diubah, maka c
bertambah dengan 120. Jika b ditambah 24 dan a tetap tidak diubah, maka c bertambah
dengan 288. Carilah nilai c mula-mula.
3. Nita merayakan ulang tahunnya pada bulan april 2005. Pada hari itu usianya sama
dengan jumlah angka-angka pada tahun lahirnya. Pada tahun berapa nita lahir?
4. (OSN 2005) Nomor polisi mobil-mobil di suatu negara selalu berupa bilangan 4-angka.
Selain itu, jumlah keempat angka pada setiap nomor juga harus habis dibagi 5. Nomor
polisi terbesar yang dibolehkan di negara itu adalah
5. (OSN 2005) Suatu tim dokter ahli bedah dapat melakukan operasi pada pasiennya
dengan keberhasilan 65%. Bila operasi pertama gagal, tim dokter tersebut melakukan
operasi kedua tetapi dengan keberhasilan 20%. Setelah operasi kedua, maka tidak ada
pasien yang dapat diselamatkan lagi. Berapakah banyak pasien yang dapat diselaatkan
dari setiap 100 orang pasien yang dioperasi?
6. (OSN 2005) Bilangan 15 dapat dinyatakan sebagai jumlah dua atau lebih bilangan asli
berurutan dalam tiga cara, yaitu:
15 = 1 + 2 + 3 + 4 + 5
15 = 4 + 5 + 6
15 = 7 + 8
a. Nyatakan bilangan 18 sebagai jumlah dua atau lebih bilangan asli berurutan. Tuliskan
dengan sebanyak-banyaknya cara.
b. Nyatakan bilangan 210 sebagai jumlah dua atau lebih bilangan asli berurutan.
Tuliskan dengan sebanyak-banyaknya cara.
c. Tentukan sebuah bilangan di antara 10 dan 100 yang tidak dapat dituliskan sebagai
jumlah dua atau lebih bilangan asli berurutan 6. 
Itulah sekilas yang dapat Admin tuliskan pada artikel ini mengenai materi dan soal OSN, untuk lebih lengkap dan jelas mengenai hal tersebut dapat Anda unduh di bawah ini.
Link  Materi Pelatihan OSN Matematika SD

Demikian yang dapat Admin sampaikan semoga materi pelatihan Olimpiade Matematika SD ini dapat memberikan manfaat bagi Bapak dan Ibu.

0 Response to "Materi Pelatihan OSN Matematika SD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel