Buku Guru dan Siswa Kelas 2 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/ 2019

Download Buku Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018-2019
File Buku yang Admin bagikan pada kesempatan ini di tujukan untuk persiapan kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran baru 2018-2019 Semester 1 ganjil dan 2 genap. Buku Guru dan Siswa yang Admin sajikan ini dalam bentuk PDF untuk Kelas 2 pada jenjang SD/MI. Bagi Bapak dan ibu yang mengampu pada kelas tersebut dan sedang membutuhkan sumber belajar, Anda dapat download pada link dibawah ini.

Buku kurikulum 2013 revisi tahun 2018 sudah terbit untuk Kelas 3 dan 6, dan untuk Kelas II diperkiran masih menggunakan buku revisi tahun 2017. Buku ini terdiri atas dua jenis yaitu Buku Pegangan Guru dan Buku Siswa. Sedangkan untuk tema, masih tetap yaitu terdiri atas delapan tema yang meliputi:
Tema 1 Hidup Rukun
Tema 2 Bermain di Lingkunganku
Tema 3 Tugasku Sehari-hari
Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat
Tema 5 Pengalamanku
Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan
Tema 7 Kebersamaan
Tema 8 Keselamatn di Rumah dan Perjalanan

Untuk mulai mengunduh Buku K13 tersebut, silakan klik tautan di bawah ini :

Inilah Buku Guru dan Siswa Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Tahun Pelajaran 2018/ 2019

Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Adapun buku ini berisi sebagai berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
  2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  4. Berbagai teknik penilaian peserta didik.
  5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah.
  7. Petunjuk penggunaan buku peserta didik.
Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi sebagai berikut.
  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep.
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.
Buku Panduan Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku peserta didik dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas.
Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
  3. Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI)-I dan KI-II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
  4. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI)-I dan KI-II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku peserta didik sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  6. Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Temukan juga kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, peserta didik tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada saat hujan).
  7. Beragam strategi pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya peserta didik bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, dan menggambar), selain melibatkan peserta didik secara langsung, diharapkan melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
  8. Guru diharapkan mengembangkan: a. metode pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM), b. keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, c. keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
  9. Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
  10. Pada semester I terdapat 5 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema. Masing-masing subtema diuraikan menjadi 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran diharapkan selesai dalam 1 hari.
  11. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu 
  12. Aktivitas minggu ke-4 berupa berbagai kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan minggu ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan dirancang untuk membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang dekat dengan keseharian peserta didik.
  13. Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik-terpadu.
  14. Buku peserta didik dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi.
  15. Hasil karya peserta didik dan bukti penilaiannya dapat dimasukkan ke dalam portofolio peserta didik. 
  16. Sebagai upaya perbaikan diri, buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai. Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
  17. Libatkan semua peserta didik tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap peserta didik cerdas dalam keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya belajar peserta didik serta beragam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan belajar peserta didik, sangat dibutuhkan.
  18. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).

Buku Kurikulum 2013 Kelas II Tahun Pelajaran 2018/ 2019

Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Kelas 2 SD/MI Semester 1
Buku Guru Tema 1, Hidup Rukun, DOWNLOAD
Buku Guru Tema 2, Bermain di Lingkunganku, DOWNLOAD
Buku Guru Tema 3, Tugasku Sehari-hari, DOWNLOAD
Buku Guru Tema 4, Hidup Bersih dan Sehat, DOWNLOAD

Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Kelas 2 SD/MI Semester 1
Buku Siswa Tema 1, Hidup Rukun, DOWNLOAD
Buku Siswa Tema 2, Bermain di Lingkunganku, DOWNLOAD
Buku Siswa Tema 3, Tugasku Sehari-hari, DOWNLOAD
Buku Siswa Tema 4, Hidup Bersih dan Sehat, DOWNLOAD

Baca juga : Buku Guru dan Siswa Kelas 6 Revisi Tahun 2018
Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2 SD/MI edisi Revisi 2017
Buku Guru Tematik Kelas 2, Tema 5 (Pengalamanku), DOWNLOAD
Buku Guru Tematik Kelas 2, Tema 6 (Merawat Hewan dan Tumbuhan), DOWNLOAD
Buku Guru Tematik Kelas 2, Tema 7 (Kebersamaan), DOWNLOAD
Buku Guru Tematik Kelas 2, Tema 8 (Keselamatn di Rumah dan Perjalanan), DOWNLOAD

Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2 SD/MI edisi Revisi 2017

Buku Siswa Tematik Kelas 2, Tema 5 (Pengalamanku), DOWNLOAD
Buku Siswa Tematik Kelas 2, Tema 6 (Merawat Hewan dan Tumbuhan), DOWNLOAD
Buku Siswa Tematik Kelas 2, Tema 7 (Kebersamaan), DOWNLOAD
Buku Siswa Tematik Kelas 2, Tema 8 (Keselamatn di Rumah dan Perjalanan), DOWNLOAD

Itulah sekilas yang dapat Admin sampaikan untuk Buku Guru dan Siswa Kelas dua pada Tahun Pelajaran 2018-2019, Semoga file Buku tersebut dapat bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran yang Anda laksanakan.

0 Response to "Buku Guru dan Siswa Kelas 2 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/ 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel