Penilaian Hasil Belajar PAUD

Penilaian Hasil Belajar PAUD
Pada kesempatan artikel ini Admin akan membagikan informasi dan file download untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. File yang akan Admin bahas yaitu seputar penilaian yang harus dilakukan oleh Bapak dan Ibu Guru PAUD dengan baik dan benar. Buku Pedoman Penilaian ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam menilai hasil belajar siswa. Selengkapnya mengenai hal tersebut dapat Anda simak berikut ini.

Penilaian merupakan proses pengukuran terhadap hasil dari kegiatan belajar anak. Penilaian kegiatan belajar di PAUD menggunakan pendekatan penilaian otentik. Penilaian otentik merupakan penilaian proses dan hasil belajar untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan dan keterampilan berdasarkan fakta yang sesungguhnya. Penilaian dilakukan secara sistematis, terukur, berkelanjutan, menyeluruh yang mencakup pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak selama kurun waktu tertentu.

Penilaian menjadi bagian penting dalam proses pendidikan. Di PAUD proses penilaian dilakukan untuk melihat capaian hasil belajar anak yang berdampak pada kemajuan perkembangannya. Kemampuan mengobservasi perilaku anak saat melakukan kegiatan bermain yang bermakna dan penguasaan tahap perkembangan anak harusnya menjadi kemampuan yang dipersyaratkan bagi guru PAUD. Pengamatan yang seksama saat anak bermain memberikan banyak informasi yang diperlukan untuk kegiatan penilaian.

Lingkup penilaian di PAUD meliputi pertumbuhan dan perkembangan anak. Lingkup penilaian pertumbuhan meliputi ukuran fisik diukur dengan satuan panjang dan berat, misalnya berat tubuh, tinggi badan/panjang badan, dan lingkar kepala. Penilaian perkembangan meliputi informasi bertambahnya fungsi psikis dan fisik anak meliputi sensorik (mendengar, melihat, meraba, merasa, dan menghidu), motorik (gerakan motorik kasar dan halus), kognitif (pengetahuan, kecerdasan), komunikasi (berbicara dan bahasa), serta sikap religius, sosial-emosional dan kreativitas yang dirumuskan dalam kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Itulah sekilas yang dapat Admin tuliskan pada kesempatan artikel ini, untuk lebih lengkap dan jelas mengenai Buku Penilaian PAUD ini dapat Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini:
Cover Depan.pdf
Daftar Isi.pdf
Cover Dalam.pdf
Cover Belakang.pdf
Isi Pedoman Penilaian.pdf

Semoga file yang tersaji dapat memberikan manfaat bagi Bapak dan Ibu dalam melaksanakan kegiatan penilaian kepada siswa-siswi di jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

0 Response to "Penilaian Hasil Belajar PAUD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel