Soal PTS UTS Biologi Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Sebentar lagi kegiatan penilaian atau ulangan tengah semester akan segera dilaksanakan. Tentunya kita sebagai seorang Guru harus mempersiapakan soal lengkap dengan jawaban dan kisi-kisi. Pembuatan soal harus disesuaikan dengan materi pelajaran yang telah kita laksanakan dalam hal ini mengikuti sumber belajar Buku Guru dan Siswa revisi 2017. Juga sesuai dengan ketentua permendikbud untuk peniliaian.

Membantu Bapak dan Ibu Guru, Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan soal PTS UTS untuk mata pelajaran Biologi . Soal yang di bagikan ini merupakan file Kurikulum 2013 (Kurtilas). Soal yang dibagikan dibuat berdasarkan ketentuan permendikbud yang telah di revisi, yang tentunya sangat direkomendasikan untuk Anda gunakan. Soal pada artikel ini Admin bagikan untuk Kelas 10 pada jenjang SMA MA SMK.

Bagi Anda yang merupakan Guru pada mapel Biologi dan pada saat ini sedang mencari dan membutuhkan contoh soal untuk kegiatan PTS UTS Semester 1 ganjil, Bapak dan Ibu dapat download pada link dibawah ini, untuk Kelas X.
Soal PTS UTS Biologi Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Berikut sekilas gambaran dari Soal PTS UTS pada Mata Pelajaran Biologi Kurikulum 2013 :
Kajian ilmu Biologi meliputi semua benda hidup dan interaksinya. Berikut manakah kegiatan yang paling tidak mendekati definisi dari ilmu Biologi di atas?
(A) penelitian dampak merkuri terhadap kemampuan kognitif bayi di 5 bulan pertama
(B) pengamatan perilaku burung raja udang di masa musim kawin
(C) pengumpulan dara penanganan petani terhadap hama tikus
(D) mensimulasikan bentuk molekul dari protein hemoglobin dalam darah
(E) memetakan jalur migrasi manusia dan Afrika sampai Asia tenggara

Secara sederhana metode ilmiah dapat disederhanakan menjadi 4 langkah. Contohnya ada pada kasus berikut. Pada akhir abad 19 banyak kalangan menyakini, bahwa sifat diturunkan hampir seperti mencampur cat. Bunga putih dikawinkan dengan bunga merah akan menjadi merah muda. Gregor Mendel berpikir bagaimana hal itu bisa terjadi? Kalaulah hal tersebut benar, maka generasi berikutnya tidak akan jadi merah muda. Ia lalu berpendapat bahwa sifat keturunan (gen) adalah sebuah satuan diskrit bukan pencampuran seperti cat. Ia lalu menyilangkan ribuan varietas kacang kapri dan memperoleh data yang mendukung pendapatnya. Lalu ia menuliskan hasilnya dalam hukum-hukum yang sekarang dikenal dengan Hukum segregrasi bebas Mendel. Metode ilmiah apa saja yang dilakukan Mendel?
(A) merumuskan masalah, menulis laporan ilmiah, melakukan percobaan, menulis hipothesis
(B) merumuskan masalahnya, menulis hipotesis, melakukan percobaan, menarik kesimpulan
(C) menulis hipotesis, merumuskan masalah, melakukan percobaan, menarik kesimpulan
(D) menuliskan hipotesis, melakukan percobaan, merumuskan masalah, menarik kesimpulan
(E) tidak ada yang tepat

Seorang dokter ditugaskan di desa nelayan terpencil yang terjangkit malaria. Ia ingin mengadakan penelitian menolong desa tersebut agar tidak terserang malaria dan hidup sehat seperti desa-desa nelayan sekitarnya. Langkah awal dari metode ilmiah adalah mengajukan pertanyaan. Pertanyaan yang tepat akan mengarah pada hasil percobaan yang bisa menyelesaikan masalah malaria di desa tersebut. Pertanyaan apakah yang paling tepat diajukan oleh dokter tersebut dalam mengawali penelitiannya?
(A) Siapa saja yang terjangkit malaria dalam 3 bulan terakhir?
(B) Mengapa malaria menyebar lebih cepat di desa ini dibanding desa lain?
(C) Apakah obat malaria yang ampuh untuk desa ini?
(D) Berapakah biaya yang cukup untuk mengadakan penelitian di desa terpencil ini?
(E) Berapakah jumlah korban meninggal dalam setahun terakhir?

Apakah perbedaan mendasar antara hipotesis dari suatu teori ilmiah?
(A) hipotesis sudah diuji kebenarannya, teori masih dipertanyakan
(B) teori sudah pasti kebenarannya, hipotesis masih dipertanyakan
(C) hipotesis belum diuji dipercobaan, teori sudah diuji dipercobaan
(D) teori belum diuji dipercobaan, hipothesis sudah diuji dipercobaan
(E) semua salah

Pada masa Yunani kuno, banyak orang berpendapat, bahwa benda dengan berat berbeda akan jatuh ke bumi dalam waktu yang berbeda sesuai dengan beratnya. Benda yang lebih berat akan sampai terlebih dahulu dibanding berat yang ringan. Gallileo mencoba membantah pendapat tersebut dan membuktikan, bahwa kedua benda dengan berat yang berbeda akan sampai ke tanah dengan waktu yang sama. Apa yang terpenting dilakukan oleh Gallileo dan membedakannya dengan kebanyakan orang yang percaya begitu saja pendapat lama?
(A) membuat hipotesis
(B) melakukan percobaan
(C) menganalisis data
(D) melakukan penelitian literatur
(E) mengajukan pertanyaan

Terdapat tiga Variabel dalam percobaan sains, contoh dari percobaan sains berikut memuat tiga variable yang dimaksud. Percobaan diperuntukan untuk melihat dampak pemberian Norephinephrine terhadap peningkatan daya kognitif tikus. Dosis yang dipakai adalah 10 mg, 15 mg dan 20 mg. Daya kognitif diukur dengan cara seberapa cepat tikus-tikus tersebut keluar dari labirin. Selain tiga perlakuan di atas, juga disertakan tikus dengan kadar Norephinephrine normal, yaitu 12,5 mg. Yang manakah dari percobaan di atas yang merupakan variabel bebas, variable terikat dan variable kontrol?
(A) dosis Norephinephrine, jenis tikus, bentuk labirin
(B) jenis tikus, dosis Norephinephrine, lama waktu keluar labirin
(C) lama waktu keluar labirin, jenis tikus, tikus dengan dosis 12,5 mg
(D) tikus dengan dosis 12,5 mg, dosis Norephinephrine, lama waktu keluar labirin
(E) dosis Norephinephrine, lama waktu keluar labirin, tikus dengan dosis 12,5 mg

Selengkapnya mengenai soal tersebut, dapat Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini :

Soal Penilaian Tengah Semester 1 Biologi Kelas 10 Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2018-2019

Soal yang Admin bagikan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam kegiatan belajar mengajar yang Bapak dan Ibu laksanakan, dan sebagai soal untuk digunakan dalam kegiatan PTS UTS di tahun 2018.

1 Response to "Soal PTS UTS Biologi Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel