Buku Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Bahan Ajar)

Buku Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Bahan Ajar)
Pada kesempatan artikel ini, Admin akan membagikan sebuah buku yang tentunya harus Bapak dan Ibu untuk lebih memahami dan memperdalam sebuah pembelajaran terutama untuk Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Dalam buku ini telah di informasikan secara jelas dan rinci mengenai bahan ajar hybrid yang meliputi:
a. Bahan ajar cetak,
b. Bahan ajar audio,
c. Bahan ajar video, serta
d. Bahan ajar berbasis web.

Berkebutuhan khusus merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan anak-anak luar biasa atau mengalami kelainan dalam konteks pendidikan. Ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan istilah berkebutuhan khusus dengan luar biasa atau berkelainan. Berkebutuhan khusus lebih memandang pada kebutuhan anak untuk mencapai prestasi dan mengembangkan kemampuannya secara optimal, sedang pada luar biasa atau berkelainan adalah kondisi atau keadaan anak yang memerlukan perlakuan khusus.

Memahami anak berkebutuhan khusus berarti melihat perbedaan individu, baik perbedaan antar individu (inter individual) yaitu membandingkan individu dengan individu lain baik perbedaan fisik, emosi maupun intelektual, dan perbedaan antar potensi yang ada pada individu itu sendiri (intra individual). Ada beberapa istilah yang sering digunakan untuk memahami anak berkebutuhan khusus yaitu impairment yang berarti cacat, disability dimana seseorang mengalami hambatan karena berkurangnya fungsi suatu organ yang dimungkinkan karena kondisi cacat, dan handicaped, merupakan keadaan seseorang, yang mengalami hambatan dalam komunikasi dan sosialisasi dengan lingkungan. Kondisi handicaped inilah yang merupakan berkebutuhan khusus, karena untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungan termasuk pendidikan dan pengajaran memerlukan perlakuan khusus.

Materi pada Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus mencakup:
Hakikat anak berkebutuhan khusus
Hakikat layanan
Klasifikasi anak berkebutuhan khusus
Karakteristik anak berkebutuhan khusus
Layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus
Layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus di SD

Selengkapnya mengenai isi dari Buku tersebut dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini dalam bentuk Pdf:

Pengelompokkan anak berkebutuhan khusus hanya diperlukan untuk kebutuhan penanganan anak secara klasikal, sedangkan untuk kepentingan yang bersifat sosial anak berkebutuhan khusus tidak perlu dikelompokkan. Anak berkebuthan khusus dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Kelainan Mental terdiri dari:
  1. Mental Tinggi
  2. Mental rendah
  3. Kesulitan belajar
  4. Kelainan Fisik meliputi:
  5. Kelainan Tubuh (Tunadaksa)
  6. Kelainan indera Penglihatan (Tunanetra)
  7. Kelaianan Indera Pendengaran (Tunarungu)
  8. Kelainan Wicara
Kelainan Emosi meliputi:
  1. Gangguan Perilaku
  2. Gangguan Konsentrasi (ADD)
  3. Anak Hiperaktive (ADHD)
Demikian yang dapat Admin sampaikan, semoga buku tersebut dapat memberikan manfaat bagi Anda dalam mempelajari Pendidikan untuk Anak berkebutuhan khusus.

0 Response to "Buku Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Bahan Ajar)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel