Soal OSK Matermatika SMA 2018 dan Pembahasan

Soal OSK Matermatika SMA 2018 dan Pembahasan
Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMA 2018 untuk Mata Pelajaran atau Bidang Matematika merupakan kegiatan tahunan dengan tujuan untuk mendapatkan dan mengembangkan siswa bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai pionir pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. Serta menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.

Pada artikel ini Admin akan membagikan soal dan pembahasan OSN tingkat Kabupaten atau di singkat OSK. Berikut informasi awal yang perlu Anda ketahui:
1. Peserta OSK adalah siswa kelas IX sampai kelas XI , dan siswa kelas VIII dengan syarat yang telah ditentukan oleh masing-masing Bidang Sains.
2. Setiap sekolah boleh mengirimkan siswa terbaik hasil OSS dengan jumlah maksimal peserta tiap bidang sains per sekolah, yang jumlahnya diatur dan ditentukan oleh masing-masing Dinas Pendidikan Provinsi.
3. Pelaksanaan OSK dilakukan dalam waktu yang bersamaan secara nasional.
4. Hasil OSK dipublikasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi.
5. Pelaksanaan OSK menggunakan soal yang disusun oleh Tim Pembina OSN yang ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan SMA.
6. Penilaian OSK dilakukan oleh Tim Juri OSK yang dapat melibatkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), perguruan tinggi, atau tenaga ahli yang kompeten yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.

Persyaratan Peserta untuk Bidang Matematika
a. Siswa SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI
b. Memiliki nilai Matematika (wajib dan peminatan) tidak kurang dari 80
c. Belum pernah mengikuti pembinaan nasional tahap ke-3 bidang Matematika yang merupakan rangkaian OSN. Bila telah mengikuti pembinaan tahap ke-1 tahun sebelumnya dapat langsung mengikuti OSP
Baca juga : Soal OGN Matematika SMA SMK SMALB 2018

Berikuk soal dan pembahasan OSK Matematika Tahun 2018

Petunjuk: Untuk masing-masing soal, tulis jawaban akhir yang paling tepat tanpa pen-
jabaran di lembar jawab yang disediakan.

1. Misalkan a, b, dan c adalah tiga bilangan berbeda. Jika ketiga bilangan tersebut meru-
pakan bilangan asli satu digit maka jumlah terbesar akar-akar persamaan (x − a) (x − b)+
(x − b) (x − c) = 0 yang mungkin adalah . . .

2. Setiap sel dari suatu tabel berukuran 2 × 2 dapat diisi dengan bilangan 1,2, atau 3.
Misalkan N adalah banyaknya tabel yang memenuhi kedua sifat berikut sekaligus:

  • untuk setiap baris, hasil penjumlahannya genap
  • untuk setiap kolom, hasil penjumlahannya genap

Nilai N adalah . . .
7. Diberikan dua bilangan asli dua angka yang selisihnya 10. Diketahui bahwa bilangan yang kecil merupakan kelipatan 3, sedangkan yang lainnya merupakan kelipatan 7. Diketahui pula bahwa jumlah semua faktor prima kedua bilangan tersebut adalah 17. Jumlah dua bilangan tersebut adalah . ..

8. Diberikan satu koin yang tidak seimbang. Bila koin tersebut ditos satu kali, peluang muncul angka adalah 1/4 . Jika ditos n kali, peluang muncul tepat dua angka sama dengan peluang muncul tepat tiga angka. Nilai n adalah . . .

9. Panjang sisi-sisi dari segitiga merupakan bilangan asli yang berurutan. Diketahui bahwa garis berat dari segitiga tegak lurus dengan salah satu garis baginya. Keliling segitiga itu adalah . . .

Itulah sekilas gambaran yang dapat Admin sampaikan, selengkapnya mengenai soal OSK tersebut dapat Anda download secara lengkap pada link di bawah ini:
Unduh Soal OSK SMA tahun 2018 Bidang Matematika
Unduh Kunci Jawaban
Unduh Soal dan Pembahasan OSK Matematika 2018

0 Response to "Soal OSK Matermatika SMA 2018 dan Pembahasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel