Pedoman Pemilihan Kepala TK Berprestasi 2018

Download juknis Pemilihan Kepala TK Berprestasi 2018
Pedoman ini Admin bagikan bagi Anda yang ingin mengikuti Pemilihan KS Berprestasi jenjang TK (Taman Kanak-kanak) Tahun 2018. Juknis atau Pedoman ini memuat latar belakang program, tujuan, mekanisme, aspek penilaian untuk menjadi acuan bagi semua panitia penyelenggara dan berbagai pihak terkait di semua tingkatan mulai dari tingkat kecamatan, Kabupaten / Kota, Provinsi maupun Nasional. Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tingkat Nasional merupakan kebijakan Pemerintah untuk meningkatkan motivasi Berprestasi Kepala TK.

Kepala Taman Kanak Kanak ( TK ) menduduki dua fungsi, yaitu sebagai tenaga kependidikan dan pendidik. Sebagai tenaga kependidikan, Kepala TK adalah pemimpin di sekolah yang mempunyai peran sangat strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sebagai pendidik, Kepala TK harus melaksanakan pembelajaran bidang studi tertentu dan memberikan bimbingan. Tugas dan tanggung jawab Kepala TK sangat penting, sehingga hanya Kepala TK yang memiliki kompetensi dan kreativitas tinggi yang dapat mengemban tugas tersebut. Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tingkat Nasional merupakan salah satu bentuk penghargaan dari Pemerintah bagi Kepala TK yang berhasil meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dan di daerahnya. Melalui penghargaan tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan motivasi dan profesionalisme Kepala TK yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan Nasional.

Peran Kepala TK Kanak Kanak ( TK ) dalam mengembangkan suasana sekolah yang nyaman dan kondusif melalui pengelolaan manajerial merupakan kebutuhan utama suatu sekolah untuk meraih prestasi dalam rangka menghasilkan sumberdaya manusia unggul dan berdaya saing.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 40 Ayat (2 )poin C menyatakan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi dan kedudukan dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya. Mengingat fungsi strategis Kepala TK yang Berprestasi dalam meningkatkan kualitas lembaga yang dipimpinnya, maka sudah sepantasnya kepada Kepala TK yang secara nyata Berprestasi diberikan penghargaan yang layak. Rumusan mengenai sistem penghargaan bukan hal yang sederhana, karena akhirnya harus terkait dengan aspirasi dan motivasi yang terbangun di kalangan Kepala TK itu sendiri. Hal ini diharapkan menjadi bagian dari perbaikan mutu manajemen
pendidikan Nasional yang berlandaskan pada sikap produktif dan proaktif.

Sistem penghargaan dalam bentuk ”Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tingkat Nasional” dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten / Kota, Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional yang diseleksi secara selektif , transparan, dan terukur diharapkan memberi rasa kebanggaan yang dapat memotivasi para Kepala TK untuk menciptakan suasana sekolah yang sehat. Suasana sekolah yang mampu meningkatkan kreativitas guru di dalam menyampaikan proses pembelajaran serta memotivasi dan mendorong siswa untuk Berprestasi di berbagai bidang, termasuk dalam pengembangan diri. Melalui Pemilihan Kepala TK Berprestasi tahun 2018 ini diharapkan pengeloalaan TK lebih bermutu sehingga mampu meningkatkan daya saing sumber daya manusia Indonesia dalam rangka menjawab tantangan era global yang berbasis keunggulan. Untuk kelancaran pelaksanaan pemilihan Kepala TK Berprestasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menerbitkan Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tahun 2018.
Baca juga : Pedoman Pemilihan Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK Berprestrasi 2018 Tingkat Nasional

Tujuan Pemilihan Kepala TK Berprestasi Tahun 2018 bertujuan untuk :

1. memilih Kepala TK Berprestasi pada tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi,dan nasional;
2. memberikan pengakuan dan penghargaan kepada Kepala TK Berprestasi
3. memberikan apresiasi kepada Kepala TK Berprestasi sebagai agen perubahan dalam pengembangan dan pengelolaan sekolah yang bermutu.

Kepala Sekolah Berprestasi adalah Kepala TK yang menguasai kompetensi kepala sekolah, memiliki berbagai prestasi dalam kepemimpinan dan tata kelola sekolah, menunjukkan kinerja dalam pelaksanaan pengembangan sekolah, dan peningkatan kualitas sekolah berdasarkan standar Nasional pendidikan.

Itulah sekilas yang dapat Admin sampaikan mengenai Juknis atau Pedoman Pemilihan Kepala TK Berprestasi, untuk lebih lengkap dan jelas mengenai hal tersebut dapat Anda download pada link di bawah ini.
Pedoman Pemilihan Kepala TK Berprestasi 2018 Pdf

Semoga informasi yang Admin sajikan perihal Kepala TK Berprestasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang akan mengikuti kegiatan tersebut di tahun 2018.

0 Response to "Pedoman Pemilihan Kepala TK Berprestasi 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel