Pedoman Perlombaan Karya INOBEL 2018 SD dan SMP

Download Juknis / Pedoman Perlombaan Karya INOBEL 2018 SD dan SMP
Informasi yang akan Admin bagikan pada kesempatan artikel ini yaitu mengenai Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru Sekolah Dasar ( SD) dan Menengah Pertama (SMP) Tahun 2018 yang berasal langsung dari Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan ( KEMENDIKBUD ). Dukungan pemerintah dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi guru diwujudkan melalui pelaksanaan INOBEL.

Inobel merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar yang bermutu agar peserta didik dapat beradaptasi dengan tuntutan-tuntutan abad 21. Melalui perlombaan ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi guru dalam peningkatan mutu pembelajaran.

Download Pedoman atau Juknis ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi panitia penyelenggara, guru, tim penilai/juri, Sekolah Menengah Pertama, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melaksanakan perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru SD dan SMP secara efektif dan efisien.

Inilah Juknis Pedoman Perlombaan Karya Inobel  SD dan SMP Tahun 2018

Berikut sekilas akan Admin informasikan untuk kegiatan Inobel jenjang SD dan SMP 2018:
Proses pembelajaran di sekolah merupakan salah satu bagian yang penting dari pendidikan untuk ditingkatkan mutunya secara terus-menerus. Proses ini hendaknya mampu memfasilitasi peserta didik untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah dan dapat hidup selaras sebagai warga dunia yang baik. Untuk mewujudkan harapan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menyelenggarakan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru Sekolah Dasar dan Menengah Pertama Tingkat Nasional Tahun 2018 dengan tema: "Inovasi Pembelajaran untuk Menjawab Tuntutan Abad 21 ".

Tujuan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD/SMP Tingkat Nasional Tahun 2018, agar guru:
1. termotivasi untuk melakukan inovasi pembelajaran/pembimbingan;
2. menghasilkan karya inovasi pembelajaran/pembimbingan;
3. mendiseminasikan hasil inovasi pembelajaran/pembimbingan kepada teman sejawat;
4. menampilkan hasil karya inovasi pembelajaran/pembimbingan;
5. memublikasikan hasil karya inovasi pembelajaran/pembimbingan melalui prosiding atau jurnal;
6. berprestasi mendapatkan penghargaan.
Baca juga : Pedoman Pemilihan Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK Berprestrasi 2018 Tingkat Nasional
Sasaran kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2018 adalah guru SD di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mencakup:
1. Guru Kelas yang melakukan inovasi pembelajaran Matematika atau Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA);
2. Guru Kelas yang melakukan inovasi pembelajaran muatan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Bahasa Indonesia (IPSBI);
3. Guru Kelas atau Mata Pelajaran yang melakukan inovasi pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan, Pendidikan Agarna, dan Muatan Lokal (SORAM).

Sasaran kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 adalah guru SMP di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mencakup guru:
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Ilmu Pengetahuan Alam
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
7. Bahasa Inggris
8. Seni Budaya
9. Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
10. Prakarya
11 . Muatan Lokal
12. Bimbingan dan Konseling

Selengkapnya mengenai informasi Inobel SD dan SMP dapat Anda download di bawah ini:
Link Pedoman Perlombaan Karya INOBEL 2018 SD
Link Pedoman Perlombaan Karya INOBEL 2018 SMP

Demikian yang dapat Admin sampaikan, semoga informasi yang tersaji mengenai Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD / SMP dapat bermanfaat bagi Anda yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

0 Response to "Pedoman Perlombaan Karya INOBEL 2018 SD dan SMP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel