Download Juknis Pengisian Ijazah SMK Tahun Pelajaran 2017/ 2018

Pengisian Ijazah SMK 2017-2018
Pada kesempatan artikel ini Admin akan menginformasikan mengenai Petunjuk teknis, Menindaklanjuti peraturan kepala balitbang kemdikbud nomor: 016/H/EP/2018 tanggal 5 maret 2018 Lampiran III tentang bentuk, spesifikasi, dan pengisian blanko ijazah pada satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah tahun pelajaran 2017/ 2018, bersamaan ini kami sampaikan Juknis pengisian blangko ijazah sekolah menengah kejuruan atau SMK.

Blangko ijazah terdiri dari dua muka dicetak bolak balik, yaitu halaman depan dan halaman belakang. Halaman depan memuat identitas pemegang ijazah dan pernyataan kelulusan sedangkan halaman belakang memuat daftar mata pelajaran dan nilai rata-rata rapor dari semester 1 sampai dengan semester 6 dan nilai ujian sekolah

Berikut sekilas informasi yang dapat Admin kutip dan tuliskan pada kesempatan artikel ini perihal Juknis Pengisian Ijazah SMK tersebut:
Petunjuk Teknis Pengisian Blangko Ijazah SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 disusun sebagai acuan bagi Dinas Pendidikan Provinsi dan SMK dalam mencetak halaman belakang ijazah serta cara mengisi ijazah berdasarkan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.

PETUNJUK UMUM
  1. Pengadaan blangko ijazah SMK pada tahun pelajaran 2017/2018 disediakan secara terpusat melalui DIPA Direktorat Pembinaan SMK Tahun Anggaran 2018.
  2. Ijazah untuk SMK diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan. 
  3. Terdapat empat jenis Ijazah yaitu: Ijazah untuk sekolah yang menggunakan Kurikulum 2006 Program 3 Tahun, Program 4 Tahun dan Ijazah untuk sekolah yang menggunakan 2013 Program 3 Tahun, Program 4 Tahun. Perbedaan tersebut terletak pada kode blangko yang terletak di halaman muka.
  4. Ijazah terdiri dari 2 muka dicetak bolak-balik, dimana identitas dan redaksi di halaman muka, hasil ujian/daftar nilai ujian di halaman belakang.
  5. Ijazah SMK, diisi oleh panitia penulisan Ijazah yang dibentuk Kepala Sekolah.
  6. Pengisian Ijazah menggunakan tulisan tangan dengan tulisan huruf yang benar, jelas, rapi, bersih, dan mudah dibaca menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus. Dalam kondisi tertentu dapat diisi dengan sistem komputer (dicetak).
  7. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian, Ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau dihapus (tipe-ex), melainkan harus diganti dengan blangko yang baru. Untuk itu perlu kehati-hatian dalam penulisan.
  8. Ijazah yang mengalami kesalahan pengisian disilang dengan tinta warna hitam pada kedua sudut yang berlawanan pada halaman muka dan belakang. a. Setelah seluruh pengisian Ijazah selesai, Ijazah yang salah tersebut dimusnahkan dengan disertai berita acara pemusnahan. b. Berita acara pemusnahan Ijazah ditandatangani oleh Kepala Sekolah yang disaksikan oleh pihak kepolisian.
  9. Sisa blangko Ijazah yang terdapat di sekolah, diserahkan kembali ke Dinas Pendidikan Provinsi melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Provinsi sesuai dengan kewenangannya atau Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dengan disertai berita acara yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi atau Ketua MKKS.
  10.  Sisa blangko Ijazah SMK yang terdapat di Dinas Pendidikan Provinsi dapat dimusnahkan setelah 6 (enam) bulan terhitung sejak jadwal pengisian Ijazah dengan disertai berita acara pemusnahan yang disaksikan oleh pejabat Dinas Pendidikan Provinsi atau pejabat yang mewakili.
  11. Dalam hal ditemukan kesalahan penulisan dalam ijazah setelah sisa blangko ijazah dimusnahkan, maka dapat dibuat ralat dengan diterbitkannya surat keterangan oleh kepala satuan pendidikan yang bersangkutan.
  12. Satuan pendidikan/Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota maupun Dinas Pendidikan Provinsi tidak diperkenankan untuk menahan atau tidak memberikan ijazah kepada pemilik Ijazah yang sah dengan alasan apapun. Siswa pemilik Ijazah SMK yang sudah pindah domisili, Ijazah dapat diambil ke Satuan Pendidikan yang menerbitkan. 
Baca juga : PPDB TK SD SMP SMA SMK Sesuai Permendikbud RI Nomor 14 Tahun 2018
PETUNJUK KHUSUS PENGISIAN HALAMAN DEPAN
  1. Blangko ijazah kosong berikut angka-angka dimaksud pada nomor berikut dapat dilihat pada lampiran.
  2. Angka 1 diisi dengan program studi keahlian untuk Kurikulum 2006 atau program keahlian untuk Kurikulum 2013.
  3. Angka 2 diisi dengan kompetensi keahlian untuk Kurikulum 2006 atau paket keahlian untuk Kurikulum 2013.
  4. Angka 3 diisi dengan nama sekolah bersangkutan yang menerbitkan Ijazah sesuai dengan nomenklatur.
  5. Angka 4 diisi dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional yang menerbitkan Ijazah.
  6. Angka 5 diisi dengan nama kabupaten/kota*) *)coret salah satu yang tidak sesuai
  7. Angka 6 diisi dengan nama provinsi.
  8. Angka 7 diisi dengan nama siswa pemilik Ijazah menggunakan huruf (KAPITAL). Nama harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundangundangan atau Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan jenjang di bawahnya.
  9. Angka 8 diisi dengan tempat dan tanggal lahir siswa pemilik Ijazah. Tempat dan tanggal lahir harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan jenjang dibawahnya. Contoh: Jakarta, 02 Mei 2001
  10. Angka 9 diisi dengan nama orang tua/wali siswa pemilik Ijazah
  11. Angka 10 diisi dengan nomor induk siswa pemilik Ijazah pada sekolah yang bersangkutan seperti tercantum pada buku induk.
  12. Angka 11 diisi dengan nomor induk siswa nasional pemilik Ijazah. Nomor induk siswa nasional terdiri atas 10 digit yaitu tiga digit pertama tentang tahun lahir pemilik Ijazah dan tujuh digit terakhir tentang nomor pemilik Ijazah yang diacak oleh sistem di Kemendikbud.
  13. Angka 12 diisi dengan nomor peserta Ujian Nasional terdiri atas 14 (empat belas) digit sesuai dengan nomor peserta yang tertera pada kartu tanda peserta Ujian Nasional dan sama dengan yang tertera di Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN). 1 (satu) digit berisi informasi jenjang pendidikan, 2 (dua) digit berisi informasi tahun, 2 (dua) digit berisi informasi kode provinsi, 2 (dua) digit berisi informasi kode Kabupaten/Kota, 3 (tiga) digit berisi informasi kode sekolah, 3 (tiga) digit berisi informasi kode urut peserta, dan 1 (satu) digit berisi informasi validasi. Contoh: SMK 4-18-02-21-102-001-8
  14. Angka 13 diisi dengan sekolah penyelenggara Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).
  15. Angka 14 diisi dengan sekolah penyelenggara Ujian Nasional.
  16. Angka 15 diisi dengan nama Kabupaten/Kota tempat penerbitan, dilanjutkan dengan tanggal (2 digit) dan bulan ditulis dengan menggunakan huruf (tidak boleh disingkat) sesuai dengan tanggal pengumuman kelulusan di satuan pendidikan. Contoh: Majalengka, 03 Mei 2018
  17. Angka 16 diisi dengan nama Kepala Sekolah dari sekolah bersangkutan yang menerbitkan Ijazah dan dibubuhkan tanda tangan. Bagi Kepala Sekolah pegawai negeri sipil diisi dengan Nomor Induk Pegawai (NIP), sedangkan Kepala Sekolah yang non pegawai negeri sipil diisi satu buah strip (-). Tambahan penjelasan: Dalam hal Kepala Sekolah berhalangan tetap, dan belum ada kepala sekolah yang definitif, maka: a) Ijazah dapat ditandatangani oleh Plt Kepala Sekolah yang memiliki jabatan fungsional guru, yang diberikan mandat oleh Gubernur atau pejabat yang diberi kuasa; b) Bila Plt Kepala Sekolah tidak memiliki jabatan fungsional guru maka Gubernur atau pejabat yang diberi kuasa dapat menunjuk Wakil Kepala Sekolah yang memiliki jabatan fungsional guru, dengan member surat mandat.
  18. Angka 17 dibubuhkan stempel sekolah dari sekolah bersangkutan yang menerbitkan Ijazah sesuai dengan nomenklatur.
  19. Angka 18 ditempelkan Pasfoto peserta didik yang terbaru ukuran 3 cm x 4 cm hitam putih atau berwarna, dibubuhi cap tiga jari tengah tangan kiri pemilik Ijazah serta stempel menyentuh pasfoto.
  20. Nomor Ijazah adalah sistem pengkodean pemilik Ijazah yang mencakup kode penerbitan (dalam negeri –DN atau luar negeri –LN), kode jenjang pendidikan, kode kurikulum yang digunakan, kode jenis satuan pendidikan, dan nomor seri dari setiap pemilik Ijazah.

  21. PETUNJUK KHUSUS PENCETAKAN DAN PENGISIAN HALAMAN BELAKANG
  22. Halaman belakang dicetak pada kertas A4 dengan ukuran margin top 0,3” atau 0,76 cm; bottom 0” atau 0 cm; left 0,79” 2,01 cm; right 0,79” atau 2,01 cm.
  23. Lakukan uji coba pada fotokopi blanko ijazah atau kertas kosong dengan ketebalan/gramatur yang relatif sama.
  24. Pastikan printer/mesin cetak mampu menangani kertas dengan ketebalan/gramatur 155 gram/m2
  25. Langkah-langkah dalam mencetak halaman belakang ijazah: i. Pilih jenis kompetensi/paket keahlian yang sesuai dengan kurikulum (2006 atau 2013). ii. Buka file halaman belakang ijazah (format *.pdf) dan pastikan ukuran kertas pada file tersebut adalah A4. iii. Pastikan mata pelajaran-mata pelajaran yang tercantum dalam file sesuai dengan struktur kurikulum kompetensi/paket keahlian dimaksud. iv. Pastikan setting printer/mesin cetak pada ukuran kertas A4. v. Pastikan blangko ijazah berada posisi yang sesuai. vi. Pastikan halaman belakang ijazah yang akan dicetak berada pada sisi yang benar. vii. Sesuaikan kuantitas pencetakan per-batch dengan daya tahan printer/mesin cetak.
  26. Blangko halaman belakang ijazah kosong berikut angka-angka dimaksud pada nomor berikut dapat dilihat pada lampiran.
  27. Angka 1 diisi dengan nama pemilik Ijazah menggunakan huruf (KAPITAL). Nama harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan jenjang di bawahnya.
  28. Angka 2 diisi dengan tempat dan tanggal lahir pemilik Ijazah. Tempat dan tanggal lahir harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan jenjang di bawahnya.
  29. Angka 3 diisi dengan nomor induk siswa pemilik Ijazah pada sekolah yang bersangkutan seperti tercantum pada buku induk.
  30. Angka 4 diisi dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) pemilik Ijazah. Nomor Induk Siswa Nasional terdiri atas 10 digit yaitu tiga digit pertama tentang tahun lahir pemilik Ijazah dan tujuh digit terakhir tentang nomor pemilik Ijazah yang diacak oleh sistem di Kemendikbud.
  31. Angka 5 terisi nama kompetensi keahlian untuk Kurikulum 2006 atau paket keahlian untuk Kurikulum 2013.
  32. Angka 6 diisi dengan Nilai Rata-rata Rapor. Pada SMK yang menggunakan kurikulum 2013, untuk menghitung rata-rata nilai rapor suatu mata pelajaran dalam satu semester, bobot nilai pengetahuan dan nilai keterampilan ditentukan oleh guru mata pelajaran yang mengampu mata pelajaran tersebut dan berlaku seragam pada seluruh siswa yang diajarkannya.
  33. Angka 7 diisi dengan Nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tiap mata pelajaran. Khusus mata pelajaran yang diuji dengan ujian tertulis dan ujian praktik, nilai Ujian Sekolah dihitung berdasarkan rata-rata nilai ujian tertulis dan ujian praktik.
  34. Khusus untuk mata pelajaran Kompetensi Kejuruan, Nilai Ujian Sekolah diperoleh dari (1) nilai Ujian Nasional mata pelajaran Teori Kejuruan untuk nilai ujian tertulis dan (2) nilai Uji Kompetensi Keahlian (UKK) praktik dan/atau konversi nilai Ujian Sertifikasi Kompetensi dengan komposisi 30% nilai UN teori kejuruan + 70% nilai UKK praktik.
  35. Rata-rata Rapor yang dimaksud pada nomor 6, dan Nilai Ujian Sekolah yang dimaksud pada nomor urut 7, ditulis dengan menggunakan bilangan bulat dalam rentang 0 - 100 (tanpa desimal).
Itulah kutipan yang dapat di sampaikan pada kesempatan artikel ini, selengkapnya mengenai isi dari Juknis tersebut dapat Anda download pada link berikut ini:
Juknis Pengisian Ijazah SMK 2017-2018-rev.pdf
Halaman Belakang Ijazah 2018-rev.7z

Halaman Belakang Ijazah PDF K13
1805- Geomatika.pdf
1814- Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik.pdf
1832- Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara.pdf
1849- Teknik Pelayanan Produksi.pdf
1858- Teknik Pergudangan.pdf
1867- Teknik Pemboran Minyak dan Gas.pdf
1876-Teknik Pengolahan Minyak dan Gas, dan petrokimia.pdf
1885- Teknik Produksi Minyak dan Gas.pdf
1894- Teknik Elektronika Komunikasi.pdf
1912- Teknik Energi Surya dan Angin.pdf
1929- Teknik Energi Biomassa.pdf
1965-Teknik Konstruksi Kayu.pdf
1974-Teknik Konstruksi Batu dan Beton.pdf
1983-Teknik Gambar Bangunan.pdf
1992-Teknik Furnitur.pdf
2125- Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio dan Pertelevisian.pdf
2134- Rekayasa Perangkat Lunak.pdf
2143- Teknik Komputer dan Jaringan-rev.pdf
2152- Multimedia-rev.pdf
2169- Teknik Transmisi Telekomunikasi.pdf
2178- Teknik Suitsing.pdf
2187- Teknik Jaringan Akses.pdf
3076- Keperawatan.pdf
3085- Keperawatan Gigi.pdf
3094- Analis Kesehatan.pdf
3103- Farmasi.pdf
3112- Farmasi Industri(2018).pdf
3129-Perawatan Sosial.pdf
4134- Seni Tari Jawatimuran.pdf
4143- Seni Tari Makassar.pdf
4152- Seni Tari Minang.pdf
4169- Seni Pedalangan Yogyakarta.pdf
4178- Seni Pedalangan Bali.pdf
4178- Seni Pedalangan Jawatimuran.pdf
4178- Seni Pedalangan Surakarta.pdf
4205- Seni Tari Sunda.pdf
4214- Seni Tari Bali.pdf
4223- Seni Tari Surakarta.pdf
4232- Seni Tari Yogyakarta.pdf
4249- Seni Tari Banyumasan.pdf
4258- Seni Karawitan Jawatimuran.pdf
4267- Seni Karawitan Makassar.pdf
4276- Seni Karawitan Minang.pdf
4285- Seni Karawitan Sunda.pdf
4294- Seni Karawitan Surakarta.pdf
4303- Seni Karawitan Yogyakarta.pdf
4312- Seni Karawitan Bali.pdf
4329- Seni Karawitan Banyumasan.pdf
4365- Seni Musik Klasik.pdf
4489-Seni Tari Betawi.pdf
4498-Seni Karawitan Betawi.pdf
4507-Pemeranan.pdf
4516-Tata Artistik.pdf
4525-Tata Busana.pdf
4534-Desain Interior.pdf
4543- Usaha Perjalanan Wisata.pdf
4552- Akomodasi Perhotelan.pdf
4569- Jasa Boga.pdf
4578- Patiseri.pdf
4587-Tata Kecantikan Rambut.pdf
4596-Tata Kecantikan Kulit.pdf
4605- Seni Lukis.pdf
4623- Desain Komunikasi Visual.pdf
4632- Animasi.pdf
4649- Desain dan Produksi Kriya Tekstil.pdf
4658- Desain dan Produksi Kriya Kulit.pdf
4667- Desain dan Produksi Kriya Keramik.pdf
4676- Desain dan Produksi Kriya Logam.pdf
4685- Desain dan Produksi Kriya Kayu.pdf
4694- Seni Musik Klasik.pdf
4703- Seni Musik Non Klasik.pdf
4712- Seni Patung.pdf
5307-Alat Mesin Pertanian.pdf
5316-Teknik Tanah dan Air.pdf
5325-Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan.pdf
5334-Teknik Konservasi Sumberdaya Hutan.pdf
5343-Teknik Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan.pdf
5352-Teknik Produksi Hasil Hutan.pdf
5378-Budidaya Perikanan.pdf
5396-Budidaya Krustasea.pdf
5423-Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.pdf
5432-Agribisnis Tanaman Perkebunan.pdf
5449-Agribisnis Pembenihan dan Kultur Jaringan Tanaman.pdf
5458-Agribisnis Ternak Ruminansia.pdf
5467-Agribisnis Ternak Unggas.pdf
5476-Agribisnis Aneka Ternak.pdf
5485-Kesehatan Hewan.pdf
5503-Pengawasan Mutu hasil Pertanian dan Perikanan.pdf
5512- Nautika Kapal Penangkap Ikan.pdf
5529- Teknika Kapal Penangkap Ikan.pdf
5538-Budidaya Rumput Laut-rev.pdf
5547- Nautika Kapal Niaga.pdf
5556- Teknika Kapal Niaga.pdf
5565-Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan.pdf
6063-Administrasi Perkantoran.pdf
6072-Akuntansi.pdf
6089-Perbankan.pdf
6098-Pemasaran.pdf
7018-Teknik Plambing dan Sanitasi.pdf
5494-Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian.pdf
7027-Teknik Pembangkit Tenaga Listrik.pdf
7036- Teknik Jaringan Tenaga Listrik.pdf
7045- Teknik Otomasi Industri.pdf
7054-Teknik Pendingin dan Tata Udara.pdf
7063-Teknik Pemesinan.pdf
7072-Teknik Pengelasan.pdf
6036-Perbankan Syariah.pdf
7098-Teknik Pengecoran Logam.pdf
7107-Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri.pdf
7116-Teknik Gambar Mesin.pdf
7125-Pemesinan Pesawat Udara.pdf
7134-Konstruksi Badan Pesawat Udara.pdf
7089-Teknik Fabrikasi Logam.pdf
7143-Konstruksi Rangka Pesawat Udara.pdf
7152-Kelistrikan Pesawat Udara.pdf
7169-Elektronika Pesawat Udara.pdf
7178-Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara.pdf
7187- Persiapan Grafika.pdf
7196- Produksi Grafika.pdf
7205- Teknik Instrumentasi Logam.pdf
7214- Kontrol Proses.pdf
7223- Kontrol Mekanik.pdf
7232- Teknik Pemintalan Serat Buatan.pdf
7249- Teknik Pembuatan Benang.pdf
7258- Teknik Pembuatan Kain.pdf
7267- Teknik Penyempurnaan Tekstil.pdf
7276- Geologi Pertambangan.pdf
7285- Kimia Analisis.pdf
7294- Kimia Industri.pdf
7303-Teknik Kendaraan Ringan.pdf
7312-Teknik Sepeda Motor.pdf
7329-Teknik Alat Berat.pdf
7338-Teknik Perbaikan Bodi Otomotif.pdf
7347-Teknik Konstruksi Kapal Baja.pdf
7374-Teknik Instalasi Pemesinan Kapal.pdf
7383-Teknik Pengelasan Kapal.pdf
7392-Kelistrikan Kapal.pdf
7409-Teknik Gambar Rancang Bangun Kapal.pdf
7418-Interior Kapal.pdf
7427-Teknik Audio Video.pdf
7436-Teknik Elektronika Industri.pdf
7445- Teknik Mekatronika.pdf
7454- Teknik Ototronik.pdf
7463-Teknik Konstruksi Baja.pdf
7472- Teknik Energi Hidro.pdf
7489-Teknik Konstruksi Kapal Kayu.pdf
7498- Teknik Konstruksi Kapal Fiberglass.pdf

Halaman Belakang Ijazah PDF K06
1014-Teknik Survei dan Pemetaan.pdf
1023-Teknik Gambar Bangunan.pdf
1049-Teknik Konstruksi Batu dan Beton.pdf
1058-Teknik Konstruksi Baja.pdf
1076-Teknik Konstruksi Kayu.pdf
1085-Teknik Furnitur.pdf
1094-Teknik Plambing dan Sanitasi.pdf
1103-Teknik Instalasi Tenaga Listrik.pdf
1112-Teknik Distribusi Tenaga Listrik.pdf
1156-Teknik Transmisi Tenaga Listrik.pdf
1165-Teknik Pembangkit Tenaga Listrik.pdf
1174-Teknik Audio Video.pdf
1192-Teknik Elektronika Industri.pdf
1218-Teknik Pendinginan dan Tata Udara.pdf
1227-Teknik Pengelasan.pdf
1236-Teknik Fabrikasi Logam.pdf
1245-Teknik Pengecoran Logam.pdf
1254-Teknik Pemesinan.pdf
1263-Teknik Pemeliharan Mekanik Industri.pdf
1272-Teknik Gambar Mesin.pdf
1289-Teknik Kendaraan Ringan.pdf
1298-Teknik Alat Berat.pdf
1307-Teknik Perbaikan Bodi Otomotif.pdf
1316-Teknik Sepeda Motor.pdf
1325-Teknik Pesawat Udaradocx.pdf
1334-Konstruksi Rangka Pesawat Udara.pdf
1343-Konstruksi Badan Pesawat Udara.pdf
1352-Air Frame dan Power Plant.pdf
1369-Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara.pdf
1378-Kelistrikan Pesawat Udara.pdf
1387-Elektronika Pesawat Udara.pdf
1396-Teknik Konstruksi Kapal Baja.pdf
1405-Teknik Konstruksi Kapal Baja.pdf
1414-Teknik Instalasi Pemesinan Kapal.pdf
1423-Kelistrikan Kapal.pdf
1432-Teknik Gambar Rancang Bangun Kapal.pdf
1458-Interior Kapal.pdf
1485-Teknik Peminatan Serat Buatan.pdf
1494-Teknik Pembuatan Benang.pdf
1503-Teknik Pembuatan Kain.pdf
1529-Garmen.pdf
1512-Teknik Penyempurnaan Tekstil.pdf
1538-Persiapan Grafika.pdf
1547-Produksi Grafika.pdf
1556-Geologi Pertambangan.pdf
1574-Kontrol Proses.pdf
1583-Kontrol Mekanik.pdf
1592-Teknik Instrumentasi Logam.pdf
1609-Kimia Industri.pdf
1627-Kimia Analisis.pdf
1645-Nautika Kapal Niaga.pdf
1654-Teknika Kapal Niaga.pdf
1663-Nautika Kapal Penangkap Ikan.pdf
1672-Teknika Kapal Penangkap Ikan.pdf
1707-Teknik Mekatronika.pdf
1725-Teknik Pemboran Minyak.pdf
1734-Teknik Pengolahan Minyak, Gas dan Petro Kimia.pdf
1743-Teknik Otomasi Industri.pdf
1752-Teknik Ototronik.pdf
1769-Teknik dan Manajemen Transportasi.pdf
1778-Teknik Konstruksi Kapal Fiberglass.pdf
1787-Teknik dan Manajemen Produksi.pdf
1796-Teknik dan Manajemen Pergudangan.pdf
2027-Teknik Jaringan Akses.pdf
2036-Teknik Suitsing.pdf
2045-Teknik Transmisi Telekomunikasi.pdf
2063-Teknik Komputer dan Jaringan.pdf
2072-Rekayasa Perangkat Lunak.pdf
2089-Multi Media.pdf
2098-Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio.pdf
2107-Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian.pdf
2116-Animasi.pdf
3014-Keperawatan 2018.pdf
3023-Keperawatan Gigi 2018.pdf
3032-Analis Kesehatan 2018.pdf
3049-Farmasi 2018.pdf
3058-Perawatan Sosial 2018.pdf
3067-Farmasi Industri 2018.pdf
4036 -Seni Patung 2018.pdf
4054 -Seni Lukis 2018.pdf
4063-Desain dan Produksi Kria Tekstil 2018.pdf
4072-Desain dan Produksi Kria Kulit 2018.pdf
4089-Desain dan Produksi Kria Keramik 2018.pdf
4098-Desain dan Produksi Kria Logam 2018.pdf
4107-Desain dan Produksi Kria Kayu 2018.pdf
4125-Seni Musik Non Klasik 2018.pdf
4134-Seni Tari Jawatimuran 2018.pdf
4143-Seni Tari Makassar 2018.pdf
4152-Seni Tari Minang 2018.pdf
4169-Seni Pedalangan Yogyakarta 2018.pdf
4178-Seni Pedalangan Surakarta 2018.pdf
4187-Seni Pedalangan Jawatimuran 2018.pdf
4196-Seni Pedalangan Bali 2018.pdf
4205-Seni Tari Sunda 2018.pdf
4214-Seni Tari Bali 2018.pdf
4223-Seni Tari Surakarta 2018.pdf
4232-Seni Tari Yogyakarta 2018.pdf
4249-Seni Tari Banyumasan 2018.pdf
4258-Seni Karawitan Jawatimuran 2018.pdf
4267-Seni Karawitan Makassar 2018.pdf
4276-Seni Karawitan Minang 2018.pdf
4285-Seni Karawitan Sunda 2018.pdf
4303-Seni Karawitan Yogyakarta 2018.pdf
4294-Seni Karawitan Surakarta 2018.pdf
4312-Seni Karawitan Bali 2018.pdf
4329-Seni Karawitan Banyumasan 2018.pdf
4347-Desain Komunikasi Visual 2018.pdf
4365-Seni Musik Klasik 2018.pdf
4338-Seni Teater 2018.pdf
4409-Usaha Perjalanan Wisata 2018.pdf
4418-Akomodasi Perhotelan 2018.pdf
4427-Jasa Boga 2018.pdf
4436-Patiseri 2018.pdf
4445-Kecantikan Kulit 2018.pdf
4454-Kecantikan Rambut 2018.pdf
4463-Busana Butik 2018.pdf
4472-Desain Produk Interior dan Landscaping 2018.pdf
4489-Seni Tari Betawi 2018.pdf
4498-Seni Karawitan Betawi 2018.pdf
5032-Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian 2018.pdf
5049-Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan 2018.pdf
5058-Mekanisasi Pertanian 2018.pdf
5067-Agribisnis Rumput Laut 2018.pdf
5094-Agribisnis Ternak Ruminansia 2018.pdf
5103-Agribisnis Ternak Unggas 2018.pdf
5129-Kehutanan 2018.pdf
5156-Pengawasan Mutu 2018.pdf
5183-Agribisnis Tanaman Perkebunan 2018.pdf
5245-Penyuluhan Pertanian 2018.pdf
5254-Perawatan Kesehatan Ternak 2018.pdf
5263-Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura 2018.pdf
5272-Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman 2018.pdf
5289-Agribisnis Perikanan 2018.pdf
5298-Agribisnis Aneka Ternak 2018.pdf
6018-Akuntansi 2018.pdf
6027-Perbankan 2018.pdf
6045-Administrasi Perkantoran 2018.pdf
6054-Pemasaran 2018.pdf
6107-Perbankan Syariah 2018.pdf

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan, semoga petunjuk teknis pengisian ijazah pada tahun pelajaran 2017-2018 ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Download Juknis Pengisian Ijazah SMK Tahun Pelajaran 2017/ 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel