Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013

Download Penilaian Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013
Informasi yang Admin bagikan pada kesempatan artikel ini ditujukan bagi Anda Bapak dan Ibu yang mengampu pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Sebagai jenjang paling dasar, Kurikulum 2013 PAUD diharapkan menjadi fundamen bagi penyiapan peserta didik agar lebih siap dalam memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi. Mengantarkan anak usia dini yang siap melanjutkan pendidikan tidak hanya terbatas pada kemampuan anak membaca, menulis, dan berhitung, tetapi juga dalam keseluruhan aspek perkembangan. Tanggung jawab ini harus dipikul bersama antara pemerintah, pengelola dan pendidikan PAUD, orang tua, serta masyarakat. Untuk menyamakan langkah, khususnya bagi para pelaksana layanan program PAUD, guna perlu diberikan pedoman, pelatihan, dan acuan-acuan yang dapat dijadikan sebagai rujukan para pendidik dalam menerapkan K13 Pendidikan Anak Usia Dini di satuan pendidikannya.

Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, terdapat dua dimensi kurikulum. Dimensi pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mencakup pengembangan pada aspek struktur kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifi k, dan penilaian yang bersifat autentik. Kurikulum 2013 mengusung pengembangan pembelajaran konstruktivisme yang lebih bersifat fl eksibel dalam pelaksanaan sehingga memberi ruang pada anak untuk mengembangkan potensi dan bakatnya. Model pendekatan kurikulum tersebut berlaku dan ditetapkan di seluruh tingkat serta jenjang pendidikan sejak Pendidikan Anak Usia Dini hingga Pendidikan Menengah. Keajegan model pendekatan di semua jenjang ditujukan untuk membentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik yang lebih konsisten sejak awal sehingga diharapkan peserta didik mampu berkembang menjadi sumber daya manusia yang memiliki kompetensi sikap beragama, kreatif, inovatif, dan berdaya saing dalam lingkup yang lebih luas.

Kemampuan belajar anak di lembaga pendidikan, khususnya di lembaga PAUD perlu ketahui dengan seksama melalui penilaian yang efektif.Penilaian yang efektif adalah penilaian yang berlangsung terus menerus dan dilakukan secara komprehensif.Hal ini sesuai dengan perkembangan anak yang bersifat dinamis dan terus mengalami proses. Untuk selanjutnya hasil dari penilaian menjadi rujukan dalam melakukan perencanaan pembelajaran selanjutnya.Dengan demikian pembelajaran menjadi suatu siklus antara penilaian, perencanaan, dan pelaksanaan yang berlangsung secara terus-menerus. Guru yang memahami perkembangan anak menjadi syarat mutlak agar pendidik dapat melakukan penilaian dengan baik. Kerjasama antar guru serta orang tua akan memberikan gambaran yang utuh terhadap anak dalam pengumpulan berbagai bukti tentang perkembangan anak. Anak yang berkembang secara optimal akan menjadi anak yang berpotensi untuk menjadi anak yang matang dalam setiap tahap dan aspek perkembangannya. Dengan demikian diharapkan bahwa anak dapat memasuki tingkat pendidikan selanjutnya sesuai dengan kematangan usia dan kemampuannya, menjadi anak yang kompeten dan berkepribadian.
Baca juga : Permendikbud No 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Sekolah/ Madrasah dan PAUDNI/ PNF
Berikut daftar isi dari Buku Pendoman Penilaian K13 jenjang PAUD:
Kata Sambutan ...................................................................................................... iii
Kata Pengantar ..................................................................................................... iv
Daftar Isi ................................................................................................................ v
Apa itu Penilaian? ............................................................................................ 1
Mengapa perlu dilakukan penilaian? ............................................................. 1
Apa yang dinilai? ............................................................................................. 2
Kapan melakukan penilaian terhadap anak? ................................................ 2
Siapa yang melakukan penilaian terhadap anak? ......................................... 3
Bagaimana melakukan proses penilaian? ....................................................... 4
Perhatikan prinsip-prinsip dalam melakukan penilaian. ........................ 4
Lakukan proses pengamatan terhadap anak .......................................... 5
Di mana menyimpan semua data/informasi tentang anak? ......................... 13
Bagaimana cara mengolah data/informasi tentang anak? .......................... 14
Langkah-langkah dalam mengolah data ................................................ 14
Kompilasi hasil penilaian data ................................................................. 17
Mengisi Data ke dalam Penilaian Perkembangan Anak ........................ 19
Bagaimana pelaporan perkembangan anak kepada orang tua? ................ 19
Etika Pelaporan ......................................................................................... 19
Jenis Pelaporan ......................................................................................... 20
Waktu Pelaporan ...................................................................................... 20
Bentuk Pelaporan Semester ..................................................................... 20
Penutup ............................................................................................................. 29
Daftar Pustaka ....................................................................................................... 30

Buku Penilaian Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013

Itulah sekilas yang dapat Admin informasikan pada kesempatan artikel ini, selengkapnya mengenai Penilaian K13 pada jenjang PAUD, Bapak dan Ibu dalam langsung mendownload buku penilaiannya pada link dibawah ini:
Unduh Buku Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013

Demikian yang dapat Admin sampaikan, semoga informasi mengenai Pendidikan Anak Usia Dini ini dapat memberikan manfaat bagi kegiatan pembelajaran yang Bapak dan Ibu laksanakan.

0 Response to "Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel