Modul Penyusunan Soal HOTS

Soal HOTS SMA
Informasi yang akan Admin bagikan pada kesempatan artikel ini yaitu mengenai HOTS yang saat ini merupakan salah satu soal yang setiap Guru pada jenjang SMA harus mampu membuatnya dengan baik dan benar karena banyak sekali keunggulannya maka dari itu Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan membuat dan mengeluarkan modul ini.

Soal Higher Order Thinking Skills singkat dari HOTS terdiri atas 3 (tiga) materi pokok yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan guru dalam penyusunan soal-soal HOTS . Penyajian materi pada modul ini diawali dengan pemaparan fokus dan uraian materi pada masing-masing materi pokok. Sedangkan pada bagian akhir modul dilengkapi dengan penugasan dan refleksi.

Materi-materi pokok dalam modul ini adalah sebagai berikut :
  1. Materi Pokok 1: Pengertian dan Konsep Soal HOTS
  2. Materi Pokok 2: Peran Soal HOTS dalam Penilaian
  3. Materi Pokok 3: Strategi dan Implementasi Penyusunan Soal HOTS
Berdasarkan hasil studi internasional Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan prestasi literasi membaca (reading literacy), literasi matematika (mathematical literacy), dan literasi sains (scientific literacy) yang dicapai peserta didik Indonesia sangat rendah. Pada umumnya kemampuan peserta didik Indonesia sangat rendah dalam: (1) memahami informasi yang kompleks; (2) teori, analisis, dan pemecahan masalah; (3) pemakaian alat, prosedur dan pemecahan masalah; dan (4) melakukan investigasi.

Berdasarkan kenyataan-kenyataan di atas, maka perlu adanya perubahan sistem dalam pembelajaran dan penilaian.Penilaian yang dikembangkan oleh guru diharapkan dapat mendorong peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi, meningkatkan kreativitas, dan membangun kemandirian peserta didik untuk menyelesaikan masalah. Oleh karena itu Direktorat Pembinaan SMA menyusunModul Penyusunan Soal HOTS bagi guru SMA.

Modul penyusunan soal HOTS untuk penilaian disusun dengan tujuan sebagai berikut.
  1. Memberikan pemahaman kepada guru SMA tentang konsep penyusunan soal HOTS;
  2. Mengembangkan keterampilan guru SMA untuk menyusun butir soal HOTS;
  3. Memberikan pedoman bagi pengambil kebijakan baik di tingkat pusat dan daerah untuk melakukan pembinaan dan sosialisasi tentang penyusunan soal HOTS.
Modul ini terdiri atas 3 (tiga) materi pokok yang masing-masing membahas materi yang saling berkaitan satu sama lain, terdiri atas:
1. Materi Pokok 1: Pengertian dan Konsep Soal HOTS
2. Materi Pokok 2: Peran Soal HOTS dalam Penilaian
3. Materi Pokok 3: Strategi dan Implementasi Penyusunan Soal HOTS
Baca juga : Buku SMA Kurikulum 2013 Kelas X, XI, XII  Revisi Terbaru

Modul Penyusunan Soal HOTS Higher Order Thinking Skills jenjang SMA

Itulah sekilas penjelasan yang dapat Admin sampaikan pada kesempatan artikel ini, untuk lebih lengkap dan jelasnya mengenai Penyusunan Soal HOTS dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini:

0 Response to "Modul Penyusunan Soal HOTS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel