Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun

Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun
Pada tulisan artikel ini Admin akan membagikan informasi mengenai isi dari Buku untuk Guru sebagai Panduan dalam kegiatan belajar mengajar pada jenjang PAUD dalam kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 pada Anak Usia 5 sampai 6 Tahun dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaa KEMENDIKBUD. Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pendidikan yang sangat fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya akan sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Di lembaga PAUD, pendidik mempunyai peran yang sangat penting untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk membantu meningkatkan kemampuan pendidik dalam melakukan stimulasi diperlukan panduan yang operasional.

Panduan untuk Pendidik Anak Usia 5-6 tahun ini disusun untuk memberikan acuan yang rinci tentang bagaimana program-program pembelajaran PAUD dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yang telah ditetapkan dalam Permendikbud no.
146 tahun 2014. Bagi Anda yang merupakan seorang Guru yang mengampu pada jenjang tersebut dan pada saat ini sedang mencari dan membutuhkan buku tersebut, Anda dapat simak dan download secara lengkap pada link dibawah ini.

Buku K13 Panduan Guru memiliki fungsi sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Perkembangan yang dikaitkan dengan tema.
3. Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI) 1 dan KI 2 dalam semua kegiatan pembelajaran. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI) 1 dan KI 2 dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
4. Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan. Pilihlah metode pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan agar bisa dicapai kompetensi yang ditetapkan.
5. Biasakan anak untuk mengamati dengan menggunakan seluruh indera mereka. Kembangkanlah keterampilan bertanya pada anak yang mendorong terciptanya landasan bagi berkembangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi.
6. Optimalkan penggunaan indera pada anak.
7. Gunakanlah berbagai media atau sumber belajar yang tersedia di lingkungan sekolah.
8. Karena tema-tema dan sub-sub tema yang ada di buku panduan ini merupakan contoh. Pendidik dapat mengadopsi, mengadaptasi, memodifikasi, atau mengganti sesuai dengan kondisi dan/atau kebutuhan pembelajaran di satuan PAUD masing-masing.
9. Pastikan semua anak berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran termasuk anak yang mempunyai kebutuhan khusus.

Itulah sekilas yang dapat Admin informasikan mengenai Buku Panduan tersebut, selengkapnya mengenai isi dari buku tersebut dapat Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini.
Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun DOWNLOAD

Demikian yang dapat Admin bagikan, semoga file yang tersaji dapat memberikan manfaat dalam kegiatan belajar mengajar pada jenang Pendidikan Anak Usia Dini yang Bapak dan Ibu laksanakan dalam pembelajaran K13.

0 Response to "Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel