Juklak KSN / OSN SD Tahun 2020

Download petunjuk pelaksanaan Juknis atau Juklak KSN / OSN SD Tahun 2020
Salah satu usaha peningkatan mutu pendidikan dengan mengembangkan lompetisi Sains Nasional tingkat sekolah dasar (KSN-SD) yang sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional tingkat sekolah dasar (OSN-SD) untuk memotivasi seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk melakukan konsolidasi, koordinasi, dan pembinaan yang lebih baik, sehingga prestasi siswa tingkat sekolah dasar di Indonesia dapat ditingkatkan.

Kompetisi Sains Nasional tingkat sekolah dasar (KSN-SD) Tahun 2020 diharapkan menjadi salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu berusaha mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi
generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri. Petunjuk pelaksanaan kompetisi ini disusun sebagai acuan bagi panitia penyelenggara baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional serta pihak-pihak terkait sehingga pelaksanaan Kompetisi dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Olimpade Sains Nasional (OSN-SD) telah dirintis sejak tahun 2003 yang tahun ini berubah nama menjadi Kompetisi Sains Nasional tingkat SD (KSN-SD) dan atau yang sederajat. Kompetisi ini adalah salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan
masalah, kreativitas, dan sportivitas siswa. Pelaksanaan KSN-SD secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif, inovatif serta adaptif terhadap perubahan.

Kompetisi Sains Nasional untuk peserta didik SD (KSN-SD) dan atau yang sederajat Tahun 2020 ini diselenggarakan secara berjenjang untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik. Dampak yang diharapkan dari program ini adalah meningkatnya kualitas pendidikan di daerah masing-masing yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Tujuan Umum Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN SD) tahun 2020 diselenggarakan sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat, sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tema Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) Tahun 2020 adalah  “Olimpiade Sains Nasional Mewujudkan Generasi Kompetitif, Berkarakter, Berkualitas, dan Adaktif Terhadap Perubahan.”

Tujuan khusus Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN SD) tahun 2020 adalah sebagai berikut.
  1. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya.
  2. Memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik.
  3. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika dan IPA di SD/MI dan atau yang sederajat.
  4. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.
  5. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk mensosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.
Bidang yang dilombakan dalam Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) Tahun 2020 adalah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Ruang Lingkup Soal OSN SD
1. Bidang Matematika
Tujuan :
Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) bidang Matematika bertujuan meningkatkan kemampuan bernalar, berpikir kritis, analitik, dan kreativitas peserta didik secara sportif.

Materi :
  • Bilangan
  • Aritmatika Geometri
  • Statistika, Data, dan Pengukuran
  • Kombinatorik
2. Bidang IPA
Tujuan :
Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN SD) bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bertujuan agar siswa mampu memahami dan menganalisis fenomena alam di sekitar kita.

Materi :
  • Keterampilan dan metode ilmiah.
  • Pengklasifikasian makhluk hidup berdasarkan makanan, anatomi, sistematik, dan habitat.
  • Proses dan mekanisme yang terjadi pada makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme).
  • Interaksi organisme dengan lingkungan dan informasi mengenai hewan langka.
  • Isu, perkembangan dan permasalahan umum tentang kesehatan, lingkungan dan teknologi.
  • Mekanika, yang mencakup gerak benda, gaya, momentum, energi mekanik, dan fluida.
  • Wujud benda, yang mencakup sifat dan kegunaan benda padat, benda cair, dan gas.
  • Listrik dan Kemagnetan, yang mencakup listrik statis, listrik dinamis, sifat magnet, dan induksi elektromagnetik.
  • Gelombang dan Optik, yang mencakup gelombang tali, bunyi, sifat-sifat gelombang, cahaya, gelombang elektromagnetik, dan alat optik (cermin, lensa, dan aplikasinya).
  • Suhu dan panas, yang mencakup skala suhu, termometer, dan hantaran panas;
  • Energi dan perubahannya, yang mencakup energi panas, energi bunyi, energi terbarukan, konversi energi, dan aplikasinya.
  • Struktur Atom, yang mencakup inti atom dan elektron.
  • Bumi, Tata surya, dan Galaksi: struktur bumi, atmosfer bumi, proses terbentuknya planet, struktur planet, iklim, rotasi dan revolusi benda langit, bintang dan galaksi.
Itulah yang dapat Admin tuliskan pada kesempatan artikel ini sekilas isi dari Juknis atau Juklak KSN terbaru. Selengkapnya mengenai file tersebut dalam bentuk pdf dapat Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini :
Petunjuk Pelaksanaa KSN / OSN SD Tahun 2020 DOWNLOAD DISINI

Demikian yang dapat Admin sampaikan semoga file yang tersaji pada artikel ini memberikan manfaat bagi Bapak dan Ibu yang sedang mencari dan membutuhkannya untuk persiapan dalam mengikuti kegiatan Olimpade Sains Nasional atau Kompetisi Sains Nasional tingkat SD (KSN-SD) .

0 Response to "Juklak KSN / OSN SD Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel