Soal IPA KSN / OSN SD Tahun 2020

Download contoh soal latihan Soal IPA KSN / OSN SD Tahun 2020 dan jawaban
Salah satu usaha peningkatan mutu pendidikan dengan mengembangkan kompetisi Sains Nasional tingkat sekolah dasar (KSN-SD) yang sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional tingkat sekolah dasar (OSN-SD) untuk memotivasi seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk melakukan konsolidasi, koordinasi, dan pembinaan yang lebih baik, sehingga prestasi siswa tingkat sekolah dasar di Indonesia dapat ditingkatkan.

Olimpade Sains Nasional (OSN-SD) telah dirintis sejak tahun 2003 yang tahun ini berubah nama menjadi Kompetisi Sains Nasional tingkat SD (KSN-SD) dan atau yang sederajat. Kompetisi ini adalah salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan
masalah, kreativitas, dan sportivitas siswa. Pelaksanaan KSN-SD secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif, inovatif serta adaptif terhadap perubahan.

Membantu Bapak dan Ibu beserta Siswa-siswi yang akan mengikuti kegiatn perlombaan tersebut untuk Bidang IPA Ilmu Pengetahuan Alam Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan contoh soal KSN atau OSN untuk Tahun 2020. Soal ini menjadi referensi bagi Bapak dan Ibu dalam mempersiapan siswanya yang akan menjadi perwakilan Sekolah.

Pembuatan soal olimpiade IPA ini dibuat berdasarkan Kisi-kisinya. Admin membagikan soal ini lengkap dengan jawaban dan setiap pembahasannya. Selengkapnya mengenai soal tersebut dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini dalam file pdf dan docx.

Tujuan Umum Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN SD) tahun 2020 diselenggarakan sebagai wahana kompetisi dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat, sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tema Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) Tahun 2020 adalah  “Olimpiade Sains Nasional Mewujudkan Generasi Kompetitif, Berkarakter, Berkualitas, dan Adaktif Terhadap Perubahan.”

Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN SD) bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bertujuan agar siswa mampu memahami dan menganalisis fenomena alam di sekitar kita.

Materi :
  • Keterampilan dan metode ilmiah.
  • Pengklasifikasian makhluk hidup berdasarkan makanan, anatomi, sistematik, dan habitat.
  • Proses dan mekanisme yang terjadi pada makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme).
  • Interaksi organisme dengan lingkungan dan informasi mengenai hewan langka.
  • Isu, perkembangan dan permasalahan umum tentang kesehatan, lingkungan dan teknologi.
  • Mekanika, yang mencakup gerak benda, gaya, momentum, energi mekanik, dan fluida.
  • Wujud benda, yang mencakup sifat dan kegunaan benda padat, benda cair, dan gas.
  • Listrik dan Kemagnetan, yang mencakup listrik statis, listrik dinamis, sifat magnet, dan induksi elektromagnetik.
  • Gelombang dan Optik, yang mencakup gelombang tali, bunyi, sifat-sifat gelombang, cahaya, gelombang elektromagnetik, dan alat optik (cermin, lensa, dan aplikasinya).
  • Suhu dan panas, yang mencakup skala suhu, termometer, dan hantaran panas;
  • Energi dan perubahannya, yang mencakup energi panas, energi bunyi, energi terbarukan, konversi energi, dan aplikasinya.
  • Struktur Atom, yang mencakup inti atom dan elektron.
  • Bumi, Tata surya, dan Galaksi: struktur bumi, atmosfer bumi, proses terbentuknya planet, struktur planet, iklim, rotasi dan revolusi benda langit, bintang dan galaksi.
Itulah yang dapat Admin tuliskan pada kesempatan artikel ini pembahasan mengenai Kompetisi Sains Nasional tingkat sekolah dasar (KSN-SD). Selengkapnya mengenai file soal tersebut dalam bentuk dapat Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini :
Soal IPA KSN / OSN SD Tahun 2020 DOWNLOAD DISINI

Demikian yang dapat Admin sampaikan semoga file yang tersaji pada artikel ini memberikan manfaat bagi Bapak dan Ibu yang sedang mencari dan membutuhkannya untuk persiapan dalam mengikuti kegiatan Olimpade Sains Nasional atau Kompetisi Sains Nasional tingkat SD (KSN-SD) .

0 Response to "Soal IPA KSN / OSN SD Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel