Manajeman Implementasi Kurikulum 2013 SD SMP SMA SMK revisi tahun 2017

Manajeman Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2017 PDF
Pada kesempatan artikel ini Admin akan menginformasikan perihal Manajeman Implementasi Kurikulum 2013 pada jenjang  SD SMP SMA SMKsesuai dengan revisi tahun 2017 yang merupakan file terbaru dalam bentuk Pdf yang dapat Anda miliki dengan download pada akhir artikel ini. Sebelum kepada file lengkapnya  mari kita simak sekila penjelangnya dibawah ini:

Strategi Implementasi Pengembangan Kurikulum 2103 mengacu pada pengertian pengembangan kurikulum sebagai”..the process of palnning, implementing, and evaluating learning opportunities intended, to produce desired changes in learners” (Murray: 1993), strategi implementasi pengembangan kurikulum berbasis kempetensi memiliki tiga tahap, yaitu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi. Selain itu, juga terdapat kegiatan dalam administrasi kurikulum, diantaranya :

  1. Menyusun jadwal rencana kegiatan tahunan dan pelaksanaan program.
  2. Melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar.
  3. Mengatur pelaksanaan pengisian buku laporan pribadi.
  4. Melaksanakan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler.
  5. Melaksankan evaluasi belajar tahap akhir.
  6. Mengatur alat perlengkapan pendidikan.
  7. Melaksanakan kegiatan bimbingan dan penyuluhan.
  8. Melakukan usaha-usaha peningkatan mutu guru.

Faktor faktor yang menentukan dan mendukung keberhasilan implementasi kurikulum dalam meningkatkan pembelajaran untuk menghasilkan peserta didik sebagai lulusan yang kompeten sebagai berikut:

  1. Kesesuaian kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dengan kurikulum dan buku teks.
  2. Ketersediaan buku sebagai sumber belajar yang mengintergrasikan standar pembentuk kurikulum.
  3. Penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan.
  4. Penguatan manajamen dan budaya sekolah
Baca juga : Standar Pelayanan Minimal (SPM) PP RI No 2 Tahun 2018

Penyiapan dan Pembinaan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013
Kurikulum dan pembelajaran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sebagai suatu rencana atau program, kurikulum tidak akan bermakna manakalah tidak diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran, dan juga sebaliknya. Kurikulum memiliki dua sisi yang sama pentingnya yakni kurikulum sebagai dokumen dan kueikulum sebagai implementasinya. Sebagai sebuah sebuah dokumen, kurikulum berfungsi sebagai pedoman bagi guru. Guru merupakan salah satu faktor penting dalam implementasi kurikulum. Pembelajaran tanpa adanya sebagai pedoman tidak akan efektif. Dengan demikian, peran guru adalah sebagai posisi kunci dalam mengimplementasikan kurikulum.  Guru lebih berperan banyak dalam tataran kelas. Oleh karena itu, melakukan penyiapan dan pembinaan guru dalam rangka implementasikan kurikulum 2013 merupakan keniscayaan.

Sebelum kurikulum baru diimplementasikan pada tahun 2013, kementrian pendidikan dan kebudayaan telah merencanakan untuk melaksanakan pendidikan dan pelatihan guru yang diawali dengan melatih Master Teacher. Pendidikan dan pelatihan bagi Master Teacher (guru inti) dilakukan dengan tatap muka dan peer teaching.  Untuk memberikan keputusan keputusan layak tidaknya guru untuk menjadi Master Teacher diakhiri pelatihan dilaksanakan penilaian dengan menggunakan pendekatan penilaian acuan Patokan (PAP) dan Penilaian Berbasis Kompetensi.

Keberhasilan implementasi kurikulum tahun 2013 selain tenaga pendidik dan kependidikan juga ditunjang oleh ketersediaan buku sebagai sumber dan bahan pembelajaran. Oleh kaena itu, dalam rangka implementasi kurikulum 2013 ini disusun :Buku siswa (substansi pemvbelajaran untuk mencapai kompetensi dasar) Buku panduan guru berupa panduan pelaksanaan proses pembelajaran, panduan pengukuran dan penilaian proses serta hasil belajar. Dokumen kurikulum meliputi struktur kurikulum, standar kompetensi kelulusan, kompetensi , dan kompetensi dasar.

Elemen Perubahan Kurikulum 2013
Didalam kurikulum 2013 terdapat beberapa perubahan yang menjadi ciri kurikulum 2103 yaitu Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Proses, Standar Isi dan Standar Penilaian. Empat standar tersebut kemudian dijabarkan menjadi tujuh elemen, yaitu :
Kompetensi lulusan, yakni adanya peningkatan dan keseimbangan soft skill dan hard skill yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Kedudukan mata pelajaran (ISI), kompetensi yang sebelumnya merupakan turunan dari mata pelajaran berubah mata pelajaran dikembangkan dari kompetensi.
Pendekatan (ISI), tiap jenjang pendidikan memiliki cara pengembangan kompetensi masing-masing, diantaranya :

  • SD : Tematik integratif dalam semua mata pelajaran.
  • SMP : Mata pelajaran.
  • SMA : Mata pelajaran wajib dan plihan.
  • SMK : Mata pelajaran wajib, pilihan dan vokasi.
Itulah sekilas yang dapat Admin informasikan, selengkapnya mengenai isi dari file Manajeman Implementasi Kurikulum 2013 SD SMP SMA SMK revisi tahun 2017 dapat Anda unduh pada link dibawah ini:

Demikian yang dapat Admin sampaikan, semoga informasi yang tersaji dapat bermanfaat dalam berbagai kegiatan yang sedang Anda laksanakan terutama perihal K13 Kurtilas.

0 Response to "Manajeman Implementasi Kurikulum 2013 SD SMP SMA SMK revisi tahun 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel